Proses Pembatalan Tiket Kereta Api di Stasiun Tugu Yogyakarta

Kisah ini terjadi ketika saya membuat kesalahan ke salah satu teman saya dalam pemesanan tiket kereta api. Karena kesalahan itu, ada salah satu tiket yang harus dibatalkan. Harga tiket itu Rp.430.000 ( lumayan kan harganya ) - Tiket dari Jogja ke jakarta dengan kereta api bima.

Karena saya yang membuat kesalahan dalam hal ini, dan ini adalah uang saya, maka
Jadilah sebuah perkara yang semua harus saya urus.
Jika anda bernasib dengan saya, maka mungkin ini bisa membantu " Bagaimana membatalkan tiket dengan proses diwakilkan"

1. KAMU HARUS PEGANG ASLI KTP orang yang tertera di tiket
Rese kan? ini nih paling repot kalau kudu harus ada ktp asli. Kudu wira wiri.
Ini harus asli, bukan foto kopi ( yang bisa saja orang mengirim jarak jauh via email atau via whatsapp/ bbm . dll )
So... Cek dulu, kamu bisa ambil dan memegang KTP ASLI nya ?
Kalau tu orang ada di antah berantah, ya udah saya ucapkan : BYE BYE
gak usah buang-buang waktu baca artikel selanjutnya.
Atau segera CEK dimana posisi ktp aslinya!!! ( ayo telp tu orang, suruh kirim ktpnya) - pakai gojek kek atau apalah

2. BIKIN SURAT KUASA
Kamu harus bikin surat kuasa sebelumnya. Pihak satu ( si pemilik tiket ) dan pihak dua si pengurus tiket .
Jadi kamu gak usah buru-buru ke stasiun deh, mending bikin surat kuasa dulu . Karena surat kuasa kan butuh di print. Nah saking baiknya saya untuk anda, saya akan sediakan form bagaimana membuat surat kuasa untuk refund/ pengembalian tiket kereta api .
FORM SURAT KUASA PENGEMBALIAN TIKET KERETA API <---- refund

Nah surat ini pe er nya lagi harus membutuhkan yang namanya materai.
Tapi biasanya di stasiun ada beberapa toko yang menjual materai.
Karena saya mengurus refund tiket kereta api di Stasiun TUGU maka saya membelinya di indomaret.
Materai yang dibutuhkan adalah Rp. 6000.



3. SELAMA PROSES MENGURUS kamu butuh time limit 60 menit sebelum jadwal tiket kereta tersebut. ( ATURAN dari Kereta api)

Jadi kalau anda punya waktu minimal dua jam sebelum keberangkatan, aman lah posisi anda.
Kenapa dua jam, ya gitu deh. Satu jamnya buat antri di costumer service . Namanya antrian cin, bisa lambreta!!
Tapi sih total waktu kamu butuh minimal 3 jam, kenapa??
Karena nomer 1 dan 2 saya rasa sudah mengambil jatah waktu satu jam sendiri.
Ambil KTP ASLI -- dan bikin surat Kuasa
Wkwkwk ( super sibuk kan)


4.  Lalu setelah kamu yakin kamu memiliki ktp asli, surat kuasa bermaterai dan di tandatangain si pemilik tiket,dan fotokopi ktp mu  plus fotokopi satu lembar dari si empunya nama tiket dan kamu masih punya waktu dua jam dari tiket maka segeralah  kamu ke stasiun Tugu


5. Kamu harus masuk ke bagian belakang stasiun tugu
Belakang stasiun tugu itu adalah bagian jalan pasar  kembang. Jalan yang sangat famous itu loh
nah ini foto bagian kantornya yang bisa kamu urus refund tiket. Karena kalau kamu dari pintu depan, kamu harus muter lagi dan ribetnya.
Jadi kalau mau refund tiket kereta api di yogyakarta kamu harus ke area ini

6. Cetak Tiket 
Kalau tiket kereta api  yang mau kamu refund belum di print, masih kode booking, maka cetaklah terlebih dahulu tiket itu.
Tapi untuk mencetak tiket minimal 12 jam sebelum keberangkatan
ini adalah tiket masih berupa kode booking



Lalu kamu bisa mencari mesin print tiket di area depan pintu indomaret. Posisinya seperti ini "

dan ada hal baru ternyata yang saya baru tahu di Juli 2016 adalah :
ternyata print tiket  harus 12 jam sebelumnya



Okey kembali ke tiket yang saya print jadi lah tiket kereta kode booking menjadi tiket resmi kereta api. dan tiket kereta api sudah bukan berwarna biru lagi, tetapi menjadi orange


7. Ambil nomer antrian
Sekarang kamu cari namanya mesin untuk dapet nomer antrian.
Jangan kayak orang tamak yang gak mau ngantri ya
Gw sering bener mengutuk orang gak suka antri

ini mesin untuk ambil no antrian

Setelah kamu tiba di depan mesin antrian, tekan yang bagian costumer service , okeh!
Mengantrilah dengan nyaman dan enjoy!
Bikin dirimu enjoy,
Jangan kayak orang sok sibuk. sesibuk apapun kamu! lu bukan pejabat keles
Kalau lu pejabat sok sibuk, ngapain juga repot2 refund tiket :) , orang kaya beneran mah gak punya waktu refund :P
dan ingat, semua orang punya kepentingan gak hanya kamu saja...  Wkwkwk saya jadi senewen sendiri karena memang pas proses ini lihat ada orang sok asik gitu gak mau antri, main nyerobot ajah!
Selama antrian cek lagi semua yang harus kamu miliki
1. Surat kuasa bermaterai dan sudah ada tanda tangan
2. KTP ASLI nama tiket kemudian jangan lupa di fotocopy selembar aja
3. FOTO KOPI KTPMU (karena kamu yang ngurus ya)
4. TIKET  yang sudah CETAK

Lalu nomer kamu pun disebut oleh  costumer service , masuk deh ke ruangan
Serahkan semua poin poin yang sudah disebutkan diatas.

Nanti ada blanko yang akan diisi
blankonya kayak gini



Lalu setelah dia ( costumer service) pegang ktp asli si pemilik nama di tiket, KTPnya di pulangin coba
Huu , bagian ini rasanya bikin sebel banget
Susah payah ambil ktp asli si pemilik eh ternyata cin! cuma dipegang pegang aja!
Tapi mungkin disini celah celah calo kali ya? Ya sudahlah terima aja, demi sebuah sistem yang lebih baik!

Lalu semua data kalian plus blangko yang sudah diisi si costumer service, kamu disuruh mengantri ke loket tiga!
Rese lagi kan? Kenapa gak sekalian
Kenapa aku bilang rese ?
Jadi ceritanya karena disuruh ke loket tiga,lihat dibawah  foto loket tiga

Inilah antriannya dengan berdiri 
Sebelum sesudahnya saya sudah sebutkan diatas bahwa budaya antri amat sangat menyenangkan buat saya. Tapi disini saya protes ketika menuju loket tiga, tidak ada nomer antrian!
Jadi mau gak mau , harus antri berdiri!
Kenapa gak sih pakai nomer antrian di bagian sistem ini!
Kan saya bisa cari kursi atau mencari posisi mapan apalah! Mana saat itu banyak banget kursi yang kosong! HUH!!!!
Lalu adalah total saya berdiri sekitar 30 menit an
Ye beri tepuk tangan ke saya! YES! angap aja saya pakai gerakan yoga dan latihan yoga model berdiri untuk mengantri.

Lalu setelah giliran saya, saya menyerahkan berkas - berkas. Berkas itu ada 5
Yaitu : dua ktp, tiket print,surat kuasa, blanko pengembalian tiket





sambil nungguin mbak mbak di loket tiga , aku lihat di sebelah ada sekeluarga yang mau refund tiket, dan lihat dong kelakuan anaknya
Ya kali dek ye, rasa penasaran adik bagus sekali
:D

Kembali ke embak loket tiga, lalu mbak itu memberikan saya kembali blanko kertas refund tiket.
Perbedaan nya di bagian belakang blanko sudah ada cetakkan 

Hmm, disini saya susah
merasa gak efisien banget ya
Jadi tugas mbak CS yang tadi cuma buat ngisi blanko ( saya mah juga tahu ngisi form)
dan tugasnya cuma megang ktp asli.
Antri di loket tiga 30 menitan dengan berdiri eh  endingnya blankonya ditambahin begini.
OMG Birokrasi ya begini
Efisien lah cinnn!

Okey demikian cerita berantakan saya bagaimana cara refund train ticket in JOGJA
Semangat ber birokrasi kakak
Semoga bisa membantu kalian ya

Ogh ya artikel ini saya buat di 30 Jul 2016, dan ketika saya mengurus tiket tentu saja di tanggal yang sama

Ogya tiket saya dari harga Rp.430.000  dikembalikan sebesar Rp.310.000
Sebenarnya kan 25% dari Rp.430.000 adalah Rp,107500
dan dikembalikan sebesar Rp322.500
Kemana Rp.12.500 akuh??????
ya sudahlah, males nanyak!
Gak penting banget, cukup tahu aja ya!
Kalau nanya juga paling dijawab bla bla bla
padahal di papan dinding hanya ditulis , biaya tiket dipotong 25% dari harga tiket, minimal satu jam dari jadwal tiket.

Mari beramal duabelasribulimaratusrupiah
Dan satu lagi keanehan nya ye
aku kan nanya! , gimana saya tahu kalau pjka  sudah transfer balik uang saya?
jawabannya:"  kalau saya langganan mobile banking kan pasti ada infonya".
Lah kalau saya gak langanan mobile banking ? dari mana saya tahu , pjka sudah transfer??!!
Ya saya disuruh cek no rekening saya sendiri.
Dan gak ada fasilitas sms dari PJKA coba?
Rese kan
Jadi kenapa lu minta nomer telp gw?
Buat hiasan?

Ya kali ya
beri tepuk tangan lagi dengan birokrasi seperti ini ( plok plok)

Ogh ya semoga artikel ini membantu anda
Bukan malah membuat anda malas mengurus refund tiket kereta
:)
Semangat kakak!!

Yogyakarta, 30 Juli 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Kuasa Refund Tiket Kereta Api